Kenali Lebih dalam Mengenai Investasi Sertifikat Deposito!

Artikel terkait : Kenali Lebih dalam Mengenai Investasi Sertifikat Deposito!

Jika Anda ingin memulai berinvestasi, mulailah berinvestasi di dalam sertifikat deposito. Apakah Anda tahu tentang produk investasi ini? Atau hanya pernah mendengarnya saja? Bagi Anda yang belum mengetahui apa itu sertifikat bentuk deposito. Tak perlu repot dan tak perlu bingung untuk mencari tahu. Sebenarnya yang dimaksudkan oleh produk investasi diatas, adalah produk yang memang mirip dengan deposito. Dimana investasi ini berupa instrumen utang yang telah dikeluarkan oleh pihak Bank dan lembaga keuangan yang berwenang kepada investor sebagai pertukaran peminjaman uang suatu institusi untuk masa waktu atau tenor yang ditentukan, investor mendapatkan imbalan berupa hasil suku bunga yang agak cukup tinggi.

Produk ini sebenarnya banyak yang menggunakan untuk hadiah kepada keluarga, kerabat, sahabat, atau relasi. Dimana seseorang yang menerima akan dengan mudah mempergunakan investasi ini. Jika ingin mencairkan dana yang ada di dalamnya, perlu menunggu jatuh tempo. Ada beberapa Bank dan lembaga keuangan yang dapat memperpanjang secara otomatis jika jatuh tempo datang, atau tidak bisa memperpanjangnya.
investasi-sertifikat-deposito

Banyak yang mengira bahwa sertifikat deposito sama halnya dengan deposito. Sebenarnya hal ini sangat berbeda. Anda dapat melihatnya disini:
  • Bunga yang dikenakan oleh produk terbaru ini, bisa diperhitungkan di muka.
  • Sertifikat ini diterbitkan atas unjuk. Sedangkan deposito diterbitkan atas nama. Dan pemegang produk ini dapat mencairkan dana yang ada di dalamnya.
  • Produk ini dapat diperjual-belikan dan dipindah tangan kan kepada orang lain.
  • Produk investasi ini tidak bisa diperpanjang secara otomatis.
Jika Anda ingin memiliki produk ini, banyak sekali manfaat dan keuntungan yang diperoleh. Tidak hanya dapat menyimpan uang untuk masa depan, tetapi dapat keuntungan yang lainnya. Beberapa keuntungan yang di dapat melalui produk ini adalah:
  • Anda bisa melakukan perhitungan bunga di muka. Jadi bunga yang akan diperoleh dapat diinvestasikan di tempat yang lain.
  • Disini terdapat tingkat suku bunga yang menarik. Dan lebih tinggi daripada deposito pada umumnya.
  • Dijamin oleh pihak yang berwenang, Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) sesuai dengan ketentuan yang sedang berlaku.
  • Bisa digunakan untuk jaminan suatu kredit atau diperjual-belikan kepada orang lain.
Namun dimana ada keuntungan, selalu ada kerugian. Walaupun tidak banyak hal buruk yang terdapat di dalam investasi ini. Namun tetap saja ada beberapa poinnya. Kerugian yang ditanggung oleh pihak investor terhadap produk ini adalah:
  • Jika investor ingin mencairkan dana sebelum jatuh tempo. Maka akan terdapat penalty dalam jumlah tertentu.
  • Bila produk ini hilang, maka dengan mudahnya orang yang menemukan akan mencairkan dana yang terdapat di dalamnya.
Untuk memiliki sertifikat deposito satu ini, pihak Bank yang satu dengan yang lainnya memiliki ketentuan yang berbeda-beda. Bank-bank yang mengeluarkan produk ini adalah:
  • Bank Mandiri: Dapat diperjual-belikan, nominal yang bisa digunakan yaitu Rp 25.000.000,00 – Rp 500.000.000,00; Rp 50.000.000,00 – Rp 1.000.000.000,00; Rp 100.000.000,00 – Rp 2.500.000.000,00; Rp 250.000.000,00 – Rp 5.000.000.000,00.
  • Bank Saudara: Bunga dibayarkan di depan. Untuk mengendapkan uang yang ada di dalamnya, nilai nominalnya yaitu 1 juta rupiah.
  • Bank DKI: Jangka waktu yang diberikan yaitu dalam waktu 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, dan 12 bulan. Dapat mendapatkan bunga diskon di awal pembayaran.
  • Bank Ganesha: Jika ingin mengendapkan dana, nominal yang diterima yaitu 1 juta, 1,5 juta, 2,5 juta, 5 juta, 10 juta, dan 25 juta rupiah. Dalam jangka waktu 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, dan 12 bulan.

Artikel Duit Pinjam 2018 Lainnya :

Copyright © 2018 Duit Pinjam 2018 | Design by Bamz