Tips Menulis Contoh Proposal Bisnis yang Baik

Artikel terkait : Tips Menulis Contoh Proposal Bisnis yang Baik

Proposal bisnis merupakan dokumen tertulis yang telah disiapkan oleh pengusaha kepada investor atau pengusaha lain dengan tujuan bisnis. Di dalam contoh proposal bisnis, menggambarkan atau menjelaskan mengenai usaha yang dijalankan dan unsur yang relevan dengan memperjelas bagian-bagian tertentu sesuai dengan tujuan dilakukannya proposal bisnis tersebut. Misalnya untuk mencari penyedia bahan baku, maka harus menjelaskan mengenai bahan yang diperlukan serta barang yang akan dihasilkan dari bahan baku tersebut.

Beberapa manfaat dari adanya proposal bisnis, yaitu:
  1. Membantu dalam menjalankan strategi bisnis yang benar.
  2. Tujuan bisnis menjadi jelas.
  3. Perkiraan mengenai biaya, potensi dan lainnya menjadi lebih terarah.
  4. Membuat prioritas bisnis menjadi lebih terfokus.
  5. Membantu dalam memahami hubungan atau elemen dalam bisnis.
  6. Membantu dalam memantau target waktu yang sudah ditetapkan sehingga dapat 7.berjalan sesuai dengan rencana.
  7. Mengetahui bagian yang bertanggung jawab mengenai pekerjaan tertentu.
  8. Pengaturan dan mereview personil akan lebih mudah sesuai dengan catatan bisnis yang dilakukan.
  9. Membantu dalam pengaturan pembukuan dan perencanaan yang baik sehingga lebih efisien.
  10. Dapat membantu untuk mengambil keputusan dengan matang.
contoh proposal bisnis yang baik

Dalam pembuatan contoh proposal bisnis yang akan digunakan sebaiknya mendeskripsikan atau menggambarkan bisnis atau usaha yang dilakukan dengan singkat, jelas dan padat. Dalam proposal, juga harus dijelaskan mengenai cara menyelesaikan kebutuhan pasar lewat bisnis yang dijalankan. Dalam penulisan, digambarkan secara jelas mengenai target pasar yang dibidik. Penjelasan mengenai strategi yang akan diambil yang sesuai dengan keadaan tertentu misalnya pada karakter konsumen untuk mengembangkan bisnis tersebut juga harus secara jelas.

Dalam memasuki persaingan bisnis, keunikan atau diferensiasi menjadi hal vital yang dipertimbangkan, sehingga proposal bisnis tersebut harus berisikan mengenai poin unik dan berbeda dari yang lain yang dimiliki oleh usaha Anda. Hal yang paling penting yang tidak boleh dilewatkan adalah masalah keuangan, baik dari modal, alokasi hingga sistem investasi yang ditawarkan dan akan dijalankan. Tidak hanya keunggulan yang dilampirkan, namun juga mengenai ancaman yang dapat mengganggu. Usahakan proposal se-realistis mungkin dengan menuliskan segala kemungkinan yang dapat terjadi.

Tips membuat contoh proposal bisnis sehingga dapat diterima investor, diantaranya yaitu:
  1. Membuat proposal yang menjual yang berisikan sisi positif dan keuntungan untuk kedua belah pihak.
  2. Pengajuan proposal harus tepat sasaran yaitu dengan memilih perusahaan atau bisnis 3.lainnya yang saling mendukung agar didapatkan keuntungan bagi kedua belah pihak.
  3. Membuat proposal yang menarik yang tidak hanya dari tampilannya namun juga 5.bahasa yang menarik yang sesuai dengan aturan yang berlaku.
  4. Memberikan proposal pada waktu yang tepat.
  5. Follow up yaitu dengan menanyakan kelanjutan dari proses selanjutnya setelah pengajuan proposal bisnis dilakukan. Sebaiknya menunggu sekitar 1 minggu sebelum melakukan follow up agar investor tidak merasa terganggu.

Artikel Duit Pinjam Lainnya :

Copyright © 2018 Duit Pinjam | Design by Bamz